Begini Cara Menambah RAM Android Menggunakan Ram Expander

Cara Menambah RAM Android Menggunakan Ram Expander – Random Access Memory (RAM) atau yang memiliki arti memori akses acak merupakan terminal sementara dalam hal pengolahan data di mana sifatnya dapat membantu pengoperasian suatu perangkat seperti android misalnya, menjadi lebih agresif. Sehingga faktor kecepatan kinerja android dapat diukur melalui kapasitas RAM yang tersedia. Semakin besar kapasitar RAM yang tersematkan di android maka akan semakin cepat juga proses loading data dan penaksesan program yang dijalankan.

Apabila ponsel android yang anda gunakan tidak seagresif ekspektasi anda, bisa jadi pengaruh signifikannya berasal dari olah data RAM yang memang kapasitasnya pas-pasan. Kinerja ponsel android yang lambat saat mengakses program dan menjalankan aplikasi yang dipengaruhi oleh ukuran RAM kecil tak ayal memang mengundang kejengkelan. Apalagi saat sedang terburu-buru atau urgent menggunakan program/aplikasi yang ada di ponsel tetapi malah loading lama, hasilnya malah jadi galau tak karuan.

Kapasitas RAM kecil di ponsel android ternyata dapat diekspansi dengan memanfaatkan aplikasi bernama RAM Expander. Melalui aplikasi yang dapat memperluas kapasitas RAM bawaan di ponsel android ini, anda tidak perlu lagi kuatir dengan permasalahan ponsel android lemot akibat memori akses acaknya yang kecil.

ram android

 

Kinerja aplikasi RAM Expander adalah dapat menciptakan ruang virtual RAM dalam perangkat ponsel android. Virtual RAM umumnya terletak pada SD Card yang dipergunakan dalam ponsel android. Sistem kerjanya ialah dengan memunculkan suatu ruang tempat penyimpanan data baru (partisi) dari SD Card yang sudah dikhususkan ada pada virtual RAM atau bahasa kerennya disebut swap partition.

Untuk dapat mengekspansi kapasitar RAM di ponsel android anda menggunakan RAM Expander, ada beberapa syarat yang harus terlebih dahulu dilakukan seperti:

1. Kondisi ponsel android yang anda gunakan telah melewati tahap Root. Bila ponsel android anda di Root dan bermaksud akan me-Rootnya tetapi belum tahu sama sekali caranya. Anda bisa terlebih dahulu mempelajari cara Root android di mbah Google. Sudah banyak bahasan mengenai cara Root android di search engine tersebut.

2. Diharuskan menggunakan Custom ROM sebab Stock ROM bisa saja tidak mendukung file swap yang akan dibuat melalui aplikasi RAM Expander.

4. Kualitas SD Card yang digunakan di ponsel android minimal harus sudah class 6 di mana kemampuan membaca filenya sudah di atas 6 MB/s. Namun pemakaian SD Card dari class 10 akan lebih mempermudah proses ekspansi RAM. Adapun SD Card di bawah class yang disebutkan tadi dan tetap saja dipaksakan untuk mengekspansi RAM kemungkinannya justru akan berdampak negatif ke ponsel android anda.

cara Menambah Ram Android Dengan Ram Expander

Aplikasi RAM Expander yang digunakan dalam memperluas kapasitar RAM memiliki cara kerja sebagai berikut:

  • SD Card pada ponsel android yang memunculkan swap file melalui RAM Expander akan berbentuk Swapfile.swp dengan penyesuaian kapasitas ruang data yang sudah ditentukan.
  • Centangan swap active pada RAM Expander membuat swap file yang telah dibuat melalui aplikasi pengekspansi RAM ini tidak bisa dihapus.
  • Bila ditilik melalui pengaturan task nya, swap file yang dibuat dari RAM Expander ini tidak akan memunculkan penambahan angka RAM yang sudah tersedia.

Untuk dapat mengekspansi RAM dengan bantuan aplikasi RAM Expander, diharuskan aplikasi ini berjalan di ponsel android. Berikut adalah tahapan dalam menjalankan aplikasi RAM Expander:

1. Bila anda belum punya RAM Expander, aplikasinya dapat terlebih dahulu anda unduh disini.
Setelah aplikasinya selesai diunduh, anda dapat langsung memasangnya di ponsel android kemudian jalankan aplikasinya.

2. Lakukan pengaturan dan ekspansi RAM sesuai kapasitas data yang diinginkan seperti

512 MB = 50 Swappines
2028 MB = 100 Swappines
2028 MB = 100 Swappines

3. Kemudian centanglah bagian Auto run lalu centang juga bagian swap activ-nya. Biarkan aplikasi berjalan hingga rampung.

Setelah itu, lihat di bagian bawah dengan men-scroll layar bila ingin melihat hasil ekspansi ram yang ditambahkan dari hasil kinerja aplikasi RAM Expander.

Sekian paparan aplikasi RAM Expander untuk ekspansi kapasitar RAM di ponsel android. Semoga bermanfaat dan selamat bereksperimen.

Tag:
cara menggunakan ram expander, cara menambah ram android dengan ram expander, cara gunakan ram expander, cara menambah ram dengan ram expander, cara memakai ram expander
Begini Cara Menambah RAM Android Menggunakan Ram Expander | admin | 4.5